Info Islam

Akhlak yang Luhur Harus Mendampingi Kinerja Akal

Ayatullah al Uzhma Jawadi Amuli dalam kelas akhlak yang diasuhnya mengatakan, “Hilangnya akhlak adalah penyebab utama lahirnya persoalan ditengah-tengah masyarakat. Dan menipisnya akhlak tersebut bermula dari kurangnya pengenalan dan makrifat terhadap ajaran-ajaran luhur maktab Ahlulbait As. Karena itu muballigh dan kalangan terpelajar Islam memikul tanggungjawab untuk menyampaikan dan mendakwahkan ajaran Ahlul Bait As itu kepada masyarakat.”

Ulama marja taklid Syiah tersebut menambahkan, “Tidak ada output yang baik dari masyarakat yang mengabaikan pentingnya akhlak.”

“Akhlak adalah akar dari ilmu yang mendalam, yang fokusnya terletak pada pengenalan jiwa manusia. Sehingga melalui jalan akhlak manusia mampu merawat rohnya, menjami kesucian dan menyelamatkan dirinya dari kejahatan dosa.” tegasnya yang disampaikan dihadapan ribuan santri hauzah ilmiah Qom.

“Adalah menjadi sebuah kelaziman untuk menjadikan akhlak sebagai kekuatan pemikiran dalam ilmu dan semangat. Akhlak harus mampu mendamping kinerja akal sehat. Ini disebabkan kemajuan sebuah pemikiran yang memberikan kontribusi positif pada masyarakat tidak akan terjadi tanpa adanya keseimbangan dari dua dimensi ini.” pesannya.

Sumber : www.id.abna24.com

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: