Info Islam

Hamas: Awal Perjuangan dengan Batu, Kini Menggunakan Rudal

Buletinmitsal.com – Seorang petinggi Hamas menyatakan, kelompoknya telah banyak berkorban demi Palestina sejak dibentuk pada tahun 1987 lalu. Menurut Suhail al-Hindi, Hamas memulai perjuangan melawan penjajah dengan batu. Sama seperti bangsa Palestina, Hamas juga telah mempersembahkan banyak syuhada pada Intifadhah I.

“Hamas adalah sebuah gerakan ideologis yang dibentuk berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Hamas memandang jihad sebagai satu-satunya cara untuk melawan penjajah dan mengusir mereka dari tanah suci (Palestina),”kata al-Hindi dalam acara Dhaif wa Hiwar stasiun televisi al-Alam.

Hamas, menurut al-Hindi, telah melalui banyak rintangan, namun tetap melanjutkan perjuangannya, apa pun kondisinya.

“Kelompok ini telah mengalami banyak kemajuan teknik dan perubahan mendasar. Hamas mulai berjuang dengan batu, kemudian bom molotov. Setelah itu, keduanya diganti dengan senjata. Saat ini, Hamas telah mencapai kemajuan signifikan di bidang militer,”lanjutnya.

Saat ditanya tentang evaluasi Hamas dalam peringatan tahun ke-32 kelahirannya, al-Hindi menegaskan bahwa Hamas adalah kelompok dinamis yang selalu mengkritisi dan mereformasi dirinya.

“Prinsip-prinsip Hamas jelas dan pasti. Sebagai contoh, mengakui Rezim Zions atau menutup mata dari hak kepulangan (para pengungsi Palestina) tidak pernah terlintas di benak Hamas. Ini adalah salah satu prinsip permanen kami,”tandasnya.

“Meski demikian, sebagai sebuah partai politik, Hamas juga bisa sangat fleksibel. Piagam Politik 2017 adalah bukti nyata akan hal ini,”pungkas al-Hindi.

Sumber: Liputanislam.com

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: