Info Islam

Nasib Tragis Tawanan Palestina

Pusat Hak Asasi Manusia Hemaya mengatakan bahwa nyawa lebih dari 1.700 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel berada dalam bahaya karena kelalaian sipir penjara dan penyakit yang mereka derita setelah bertahun-tahun dikurung.

Hemaya dalam satu pernyataannya menambahkan bahwa lebih dari 700 narapidana dan tahanan di penjara rezim Zionis menderita penyakit kronis, terutama masalah jantung dan kanker.

Menurut peneliti hukum Hemaya, Wasim al-Shanti, administrasi penjara Israel menolak untuk rawat inap puluhan tahanan yang direkomendasikan operasi mendesak dan mereka hanya diberi obat penurun rasa sakit.

Dia menggambarkan perilaku Israel terhadap para tahanan sebagai kejahatan perang dan pelanggaran atas konvensi keempat Jenewa, yang mengatur perlindungan kesehatan narapidana.

Hemaya mendesak pembebasan segera para tahanan Palestina di penjara-penjara Zionis dan menekankan kebutuhan untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Israel di Pengadilan Pidana Internasional.

Beradasarkan data terbaru, 7.000 warga Palestina mendekam di penjara-penjara Israel. Sebagian dari mereka telah berada dalam tawanan selama beberapa dekade dan sejumlah besar juga menghabiskan masa mudanya di penjara Israel tanpa kesalahan apapun.

Israel telah menandatangani konvensi Jenewa, tetapi ia menjadi pelanggar terbesar perjanjian tersebut di wilayah Palestina pendudukan. Israel memiliki pengalaman panjang dalam melecehkan konvensi-konvensi internasional dan bahkan komitmennya dalam perjanjian bilateral dengan warga di Palestina pendudukan.

Pengadilan Tinggi Israel juga melegalisasi penyiksaan orang-orang Palestina dan ini merupakan sebuah putusan yang melanggar hak asasi manusia dan hak-hak warga Palestina.

Para tahanan tidak pernah tahu tentang kesalahannya meskipun sudah bertahun-tahun ditawan dan mereka dikirim ke penjara tanpa pernah disidang atau diberi hak untuk melakukan pembelaan. Mereka tidak punya cara lain kecuali memilih mogok makan untuk memprotes tindakan biadab rezim Zionis.

Dalam situasi seperti ini, 1.700 tahanan Palestina yang sakit di penjara-penjara Israel sedang menanti aksi nyata dari PBB dan Palang Merah Internasional untuk memaksa rezim Zionis membebaskan tawanan Palestina. (RM)

Sumber : www.parstoday.com/id

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: