Info Islam

‘Tentara Israel Harus Siap Perang dengan Iran 10-15 Tahun Mendatang’

Tentara Israel (IDF) harus mempersiapkan diri untuk menghadapi konfrontasi langsung dengan Iran dalam tempo 10-15 tahun mendatang, kata seorang sumber senior di Direktorat Rencana IDF.
Perkiraan 10-15 tahun itu didasarkan pada berakhirnya perjanjian nuklir Iran dengan Barat.

IDF juga harus siap jika muncul konflik baru dengan Hamas dalam waktu dekat, lanjut sumber seperti dilansir The Jerussalem Post kemarin.

Kepala Staff IDF  Letjend Gadi Einskot telah menerima rencana kerja tahunan Gideon (Gideon Plan) yang berupaya mempersiapkan dan melatih IDF untuk berperang. Serta menyiapkan suplai amunisi, bahan bakar dan persiapan lain untuk sebuah konflik potensial.

Pengembangan kekuatan IDF, kata sumber, akan didasarkan pada “kapabilitas, bukan pada satu skenario  khusus” atau ancaman khusus.

Gideon Plan akan memastikan bahwa “orang tak akan mengatakan bahwa tentara sudah menyia-nyiakan waktu selama 10 tahun”, lanjut sang sumber.

Tantangan yang dihadapi IDF antara lain “pertumbuhan kekuatan teroris di perbatasan Israel,” runtuhnya beberapa negara regional, perlombaan senjata di Timur Tengah, pertumbuhan kemampuan rudal pandu berpresisi Hizbullah sampai kemampuan nuklir Iran yang “diperkirakan akan mengirim senjata untuk proxi Tehran di kawasan, khususnya Hizbullah”.

Gideon Plan–menunggu pengesahan kabinet dalam beberapa minggu ke depan– akan membuat sejumlah reformasi dalam IDF agar badan itu lebih efesien, fleksibel dan mudah beradaptasi jika ancaman muncul.

Sumber : www.islamtimes.org

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: