Info Islam

Reaksi Luas Media Pakistan dan Cina atas Pidato Rahbar

Pidato Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar khususnya tentang perkembangan Timur Tengah termasuk Suriah dan penegasan soal pentingnya menentukan nasib negara itu dalam pemilu, mendapat reaksi luas dari media-media Pakistan dan Cina.

Surat kabar berbahasa Inggris, Dawn, Pakistan, Senin (2/11) memuat pidato Ayatullah Khamenei, Rahbar dan menulis, “Rahbar Iran mencela langkah negara-negara asing untuk mencapai kesepakatan terkait nasib dan masa depan Suriah.”

Dawn menambahkan, “Rahbar menegaskan, upaya-upaya pihak asing harus dipusatkan pada penghentian perang dan instabilitas di Suriah, serta upaya menciptakan atmosfir yang sesuai untuk menyelenggarakan pemilu.”

Sementara itu, surat kabar Express Tribune, Pakistan juga menulis, “Rahbar Iran menjelaskan bahwa untuk mengakhiri perang di Suriah, harus digelar pemilu.”

Ayatullah Khamenei dalam pidatonya kemarin, memprotes kekuatan-kekuatan dunia yang menyalurkan bantuan dana dan persenjataan untuk pemberontak Suriah. Ia menegaskan, tujuan Amerika Serikat di Timur Tengah sepenuhnya bertolak belakang dengan tujuan Iran.

Pidato Rahbar, Ahad (1/11) di hadapan para duta besar dan pejabat Kementerian Luar Negeri Iran, juga memicu reaksi luas dari media-media Cina.

Media-media Cina melaporkan, berdasarkan pandangan visioner Rahbar Iran, rakyat Suriah harus menentukan nasibnya sendiri dan negara-negara asing tidak boleh ikut campur dalam masalah ini.

Stasiun televisi pemerintah Cina dan kantor berita Xinhua serta beberapa media lain seperti Global Times dan People juga ikut melaporkan pidato Rahbar di Tehran.

Menurut media-media itu, Rahbar memprotes keras upaya beberapa negara Barat yang mempersenjatai para pemberontak Suriah dan melatih mereka.

Sumber : www.indonesian.irib.ir

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: