Info Islam

Struktur Sanksi terhadap Iran Mulai Runtuh

Pencabutan sanksi Iran oleh pemerintah Swiss merupakan awal kegagalan nyata struktur sanksi-sanksi kejam terhadap bangsa Iran.

Harian Rooznameh Iran dalam editorialnya Sabtu (15/8/2015) menulis, “Meski perjanjian nuklir Iran dengan Kelompok 5+1 belum memasuki tahap final, namun beberapa delegasi politik dan ekonomi Eropa dan Asia sudah tiba di Tehran dan mereka menyerukan pembangunan hubungan ekonomi dan bisnis. Beberapa negara seperti Swiss juga mencabut sanksi yang diterapkan terhadap Iran.”

Keputusan pemerintah Swiss adalah bukti dimulainya proses kegagalan struktur sanksi dan kerugian yang diderita negara-negara Barat atas penerapan sanksi terhadap Iran, tambahnya.

Menurut Rooznameh Iran, pencabutan sanksi Iran sebelum waktu yang ditetapkan dalam Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) menunjukkan posisi penting Iran dalam perimbangan regional dan dunia. Hal itu juga ditandai dengan persaingan negara-negara Eropa untuk mengakses pasar Iran.

Kunjungan delegasi ekonomi berbagai negara dunia ke Iran selain membuktikan kesiapan iklim untuk kerjasama bilateral dan multilateral, juga untuk meningkatkan hubungan dan transaksi ekonomi dengan Republik Islam.

Sumber : www.indonesian.irib.ir

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: