Dari Redaksi

Bulan Muharram

Di Bulan Muharram, setidaknya ada dua peristiwa besar yang terjadi. Pertama, adalah Hijrah Rasul. Sebuah peristiwa pengorbanan luar biasa oleh Kaum Muhajirin dan Anshar. Kaum Muhajirin mengorbankan dan meninggalkan segala yang mereka miliki untuk menjaga kesucian iman, sedangkan Kaum Anshar berkorban dengan keikhlasannya dalam membantu saudara-saudaranya Kaum Muhajirin. Di bawa panji-panji Islam keduanya membangun persaudaraan sejati, tersucikan dan dalam keridhaan Ilahi, dengan bimbingan Rasulullah SAW, seorang nabi dan pemimpin yang mereka cintai dan taati.

Kedua, adalah Tragedi Karbala atau yang lebih dikenal dengan Hari Asyura. Peristiwa Karbala atau Asyura merupakan hari dimana terkuburnya kebenaran dan kemanusiaan sekaligus terbantainya cucu Nabi SAW beserta puluhan keluarga dan sahabat setianya. Meskipun begitu, kesyahidan Imam Husain di Padang Karbala memberi inspirasi bagi para pejuang kebenaran dan telah menyentuh kesadaran hati manusia. Dengan peristiwa itu, Imam Husain ingin menunjukkan bahwa kezaliman sebuah rezim harus ditentang walau mengorbankan segala-galanya, baik jiwa, keluarga dan harta.

Hijrahnya Imam Husain dari Madinah ke Makkah terus ke Karbala adalah hijrahnya seorang muslim untuk sebuh penyaksian kebenaran nilai-nilai Islam. Para pengikut Imam Husain telah hijrah dari kemasyhuran nama, kemewahan harta, menuju indahnya kesyahidan. Bercermin dari peristiwa tersebut, maka sudah sepantasnya kita menyambut tahun baru Islam dengan semangat Hijrah untuk Meraih Syahadah.

Wassalam

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: