Kisah & Hikmah

Cahaya Mihrab Az-Zahra

yaa Zahra

Imam Shadiq ditanya, “Kenapa Fatimah dipanggil Az-Zahra?” Beliau menjawab, “Karena di hari pertama (pernikahan beliau dengan Imam Ali) beliau telah memberi penerangan bagi Ali bin Abi Thalib dan seberkas sinar dari mihrab ibadahnya menyinari rumah-rumah Madinah sehingga dinding-dinding Madinah memutih. Semua penduduk Madinah bergegas menemui Rasulullah SAW, menanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Beliau berkata, ‘Ini adalah cahaya mihrab ibadah Az-Zahra.”

Setiap kali masuk ke rumahnya, Sayyidina Ali selalu melihat istrinya sedang sibuk mengerjakan shalat di mihrabnya, sementara cahaya memancar dari mihrab dan wajahnya.

Saat masuk waktu dhuhur, cahaya berwarna kuning memancar sehingga membuat semua dinding Madinah berwarna keemasan, saat petang menjelang, penduduk Madinah menyaksikan cahaya kemerahan menyinari dinding-dinding rumah mereka sehingga semuanya berwarna merah. Lalu dengan cara yang sama, seluruh penduduk mendatangi Rasul SAW dan menanyakan kejadian itu. Setelahnya, barulah mereka tahu kalau cahaya kuning dan merah itu berasal dari kening Fatimah.

Komentari Artikel Ini

comments