Kisah & Hikmah

Peristiwa Delapan Pencuri

Allah subhana wata’ala dalam kitabnya telah menentukan ganjaran atau balasan bagi seorang pencuri dan perampas harta orang lain: [Wassaariqu wassaariqatu faqtha’u aydiyahumaa jazaan bima kasaba nikaalan minallahi wallahu ‘azizun hakim] “Adapun orang laki-laki maupun perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) balasan atas perbuatan yang mereka lakukan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Peristiwa Delapan Pencuri

Harits bin Harishah berkata: Suatu hari saya melihat seorang lelaki Habasyi yang sedang mencuci tangannya di mana ke empat jari-jarinya telah terpotong. Dengan rasa heran saya bertanya: Peristiwa apa yang telah menimpa dirimu sehingga menyebabkan jari-jari tanganmu telah terpotong? Dia berkata: Orang yang paling baik Ali ibn Abi Thalib  yang telah memotong tanganku. Saya berkata: Untuk apa?

Dia menjawab: Dahulu kami adalah sebuah kelompok yang terdiri dari delapan orang  dan telah melakukan suatu pencurian pada masa pemerintahan Ali ibn Abi Thalib. Setelah beberapa lama kami sibuk dengan profesi ini, pada akhirnya kami terperangkap juga. Kami pun di perhadapkan di depan Amirul Mukminin Ali ibn Abi Thalib. Ditanyakan kepada kami: Apakah anda melalukan pencurian?!

Kami pun mengakuinya. Beliau berkata: Apakah anda tahu bahwa mencuri adalah perbuatan yang haram?! Kami menjawab: Iya kami tahu. Setelah tanya jawab ini Imam Ali ibn Abi Thalib memerintahkan untuk memotong tangan-tangan kami.

Setelah perintah Imam Ali ibn Abi Thalib  di laksanakan dengan memotong empat jari-jari tangan kanan kami dan jari jempol kami dan hanya telapak tangan saja yang tertinggal. Kemudian kami di kurung pada sebuah rumah dan dijamu dengan berbagai makanan yang lezat dan penuh energi dan madu serta minyak. Sampai luka tangan-tangan kami pulih kembali. Pada saat itu kami di bawa ke hadapan Amirul Mukminin Ali ibn Abi Thalib.

Amirul Mukminin Ali ibn Abi Thalib memberikan kepada kami beberapa pakaian yang baik dan bagus seraya berkata: “Jika kalian bertobat dan menjadi orang-orang yang saleh Allah akan membawa kalian ke dalam surganya dan jika tidak kalian akan di seret ke jahannam dengan jari-jari yang telah terpotong.”

Komentari Artikel Ini

comments

%d blogger menyukai ini: